Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Menggunakan SQL CASE Statement

CASE Statement adalah suatu fungsi logic dalam SQL dan biasanya sudah ter include dalam Database (Sql Server, MySql/MariaDB, dll) itu sendiri
CASE Statement adalah suatu fungsi logic dalam SQL dan biasanya sudah ter include dalam Database (Sql Server, MySql/MariaDB, dll) itu sendiri, Jadi hanya tinggal dipanggil saja. CASE statement biasanya digunakan untuk membuat pernyataan suatu value dengan kondisi-kondisi tertentu yang sebelumnya harus kita atur  terlebih dahulu.



Fungsi ini biasanya di ikuti dengan WHEN dan ELSE sebagai penyataan TRUE / FALSE seperti berikut :

CASE
    WHEN kondisi1 THEN result1
    WHEN kondisi2 THEN result2
    WHEN kondisiN THEN resultN
    ELSE result
END;


Cara kerja CASE Statement akan melakukan pengecekan kondisi dan mengembalikan nilai ketika kondisi WHEN pertama yang sudah di atur terpenuhi (seperti pernyataan IF-THEN-ELSE). Jadi, apabila suatu kondisi bernilai TRUE maka proses akan berhenti  membaca dan mengembalikan hasilnya. Jika kondisi pertama tidak terpenuhi (FALSE) maka akan memberikan nila ELSE.

Perlu diketahui juga apabila nilai ELSE pada penggunaan fungsi CASE Statement tidak dibuat dan tidak ada nilai yang bernilai TRUE maka nilai yang akan dikembalikan adalah NULL.

Sekarang  cobalah sobat membuat table post seperti dibawah ini :

CREATE TABLE post (
id INT(6) UNSIGNED AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,
Title VARCHAR(30) NOT NULL,
Description TEXT NOT NULL,
Status INT(1)
)


dalam tabel Post terdapat field Status yang akan kita beri nilai dengan ketentuan berikut: 1 = draft dan 2 = publish . Sekarang Insertlah data dengan kondisi untuk field Status 1 dan 2.

Sekarang kita jalankan query berikut :

SELECT id, Title, Description, CASE
    WHEN Status=1 THEN 'Draf'
    ELSE 'Publish'
END AS Status FROM post;


Lihat hasilnya.. silahkan sobat pahami lagi penggunaan CASE Statement tersebut, penulis sendiri sangat terbantu dengan fungsi ini untuk pembuatan report dan lain sebagainya. Happy Coding :)

About the Author

Website Administrator from MeeGo | Programming Knowledge and Financial Information

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.